Laman

Sabtu, 09 April 2022

10 KEMAMPUAN DASAR GURU

Salam untuk kita semua. Dalam belajar mengajar tidak hanya materi saja yang akan kita berikan, tapi contoh perilaku apa yang 
baik dan benar serta tingkah laku apa yang harus dilakukan dalam kondisi dan situasi tertentu dengan 
tepat pada tempatnya. Serta akan ku catat juga apa tugas guru dan kepala sekolah. Semoga catatan kecil 
ini bermanfaat ya !!


SEPULUH KEMAMPUAN DASAR GURU 
1. MENGEMBANGKAN KEPRIBADIAN 
A. Bertaqwa kepada tuhan yang Maha Esa B. Berperan dalam masyarakat sebagai warga yang berjiwa Pancasila 
C. Mengembangkan sifat-sifat terpuji yang diersyaratkan bagi jabatan guru

 2. MENGUASAI LANDASAN KEPENDIDIKAN 
A. Mengenal tujuan pendidikan untuk pencapaian tujuan Pendidikan Nasional 
B. Mengenal sekolah dalam masyarakat 
C. Mengenal prinsip-prinsip psikologi pendidikan yang dapat dimanfaatkan dalam PBM

 3. MENGUASAI BAHAN PENGAJARAN
 A. Menguasai bahan pengajaran kurikulum 
B. Menguasai bahan pengayaan 

4. MENYUSUN PROGRAM PENGAJARAN A. Menetapkan tujuan pengajaran
 B. Memilih dan mengembangkan bahan pengajaran 
C. Memilih dan mengembangkan strategi belajar mengajar
 D. Memilih dan mengmbangkan media pengajaran yang sesuai 
E. Memilih dan memanfaatkan sumber belajar

 5. MELAKSANAKAN PROGRAM PENGAJARAN 
A. Menciptakan iklim belajar mengajar yang sehat 
B. Mengatur ruang kelas 
C. Mengelola interaksi belajar mengajar

 6. MENILAI HASIL DAN PROSES BELAJAR MENGAJAR YANG TELAH DILAKSANAKAN
 A. Menilai prestasi murid untuk kepentingan pengajaran 
B. Menilai proses belajar yang telah dilaksanakan 

7. MENYELENGGARAKAN PROGRAM BIMBINGAN 
A. Membimbing siswa yang mengalami kesulitan belajar 
B. Membimbing siswa yang berkelainan dan berbakat khusus 
C. Membimbing siswa untuk menghargai pekerjaan dimasyarakat 

8. MENYELENGGARAKAN ADMINISTRASI SEKOLAH 
A. Mengenai pengadministrasian kegiatan sekolah 
B. Melaksanakan kegiatan administrasi sekolah

 9. BERINTERAKSI DENGAN SEJAWAT DAN MASYARAKAT 
A. Berinteraksi dengan sejawat untuk meningkatkan kemampuan profesional 
B. Berinteraksi dengan masyarakat untuk penuaian misi pendidikan 

10. MENYELENGGARAKAN PENELITIAN SEDERHANA UNTUK KEPERLUAN PENGAJARAN
A. Mengkaji konsep dasar penelitian ilmiah
B. Melaksanakan penelitian sederhana

πŸ“šπŸ“šπŸ“šπŸ“šπŸ“–πŸ“–πŸ“–πŸ“–πŸ“–πŸ“šπŸ“šπŸ“šπŸ“šπŸ“š

TATA TERTIB GURU
1. Datang tepat waktu diharuskan sebelum anak didik hadir guru sudah hadir
2. Menyampaikan keluhan siswa/ masalah lain pada orang tua dengan bahasa 
yang sopan dan santun (cara baik-baik)
3. Mengisi/ membuat RPPH/RPPM (setiap hari/ seminggu sekali)
4. Berpakaian rapi (muslimah)
5. Bersedia mengikuti kegiatan-kegiatan yang dibuat oleh sekolah/Dinas
6. Tidak diperkenankan libur lebih dari 3 hari kecuali sakit/melahirkan/ cuti 
nikah atau cuti yang ditetapkan pemerintah
7. Mengisi daftar hadir guru dan anak setiap hari
8. Dapat bekerja sama dalam mengisi buku ADM, contoh: buku kegiatan, buku 
inventaris, buku tamu umum, buku pengambilan dan pengembalian rapor
9. Bertutur kata dan bahasa yang sopan dengan siapapun
10.Guru dapat menjaga nama baik sesama guru, wajib mentaati aturan sekolah 
demi masa depan sekolah dan anak didik serta nama baik sekolah

πŸ«πŸŽ“πŸ‘“πŸ“‹πŸ““πŸ““πŸ“‘πŸ“‘πŸ“‘πŸ“‘πŸ“šπŸ“šπŸ“šπŸ“šπŸ”¬πŸ”­

TUGAS POKOK DAN FUNGSI
KEPALA/ PENGELOLA
1. Menyusun rencana program dan kegiatan tahunan yang menjadi tanggung 
jawabnya, dengan melibatkan pendidikan PAUD.
2. Mengorganisasikan dan mengkoordinasikan pelaksanaan program 
pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru, guru pendamping, pengasuh.
3. Melakukan pembinaan terhadap program dan kegiatan yang diselenggarakan 
guru, guru pendamping dan pengasuh.
4. Melakukan kerjasama dengan penanggung jawab program lainnya dalam 
rangka mutu layanan PAUD di lembaga PAUD Terpadu.
5. Kepala sekolah sebagai edukator / pendidik
- Kemampuan membimbing guru
- Kemampuan membimbing karyawan
- Membimbing staff
- Memberi contoh mengajar yang baik
6. Kepala sekolah sebagai manager
- Kemampuan menyusun program
- Menyusun organisasi / personal
- Menggerakan staf, guru dan karyawan
- Mengoptimalkan SDM
7. Kepala sekolah sebagai administrator / administrasi
- Kemampuan mengelola ADM KBM
- Mengelola keuangan
- Mengelola administrasi ketenagaan
- Sarana dan prasarana
8. Kepala sekolah sebagai suvervisor / penyelia
- Menyusun program suvervisi
- Melaksanakan suvervisi
- Menggunakan hasil suvervisi
9. Kepala sekolah sebagai leader / pemimpin
- Memahami kondisi guru / karyawan dan staf
- Memiliki visi dan misi

🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌷🌷🌷🌸🌸🌸🌸🌸🌸🌸

TUGAS POKOK DAN FUNGSI GURU
1. Membuat kelengkapan mengajar dengan baik dan lengkap
2. Melaksanakan kegiatan pembelajaran
3. Melaksanakan kegiatan penilaian proses belajar
4. Melaksanakan analisis hasil evaluasi pembelajaran
5. Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
6. Mengisi daftar nilai anak didik
7. Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan), kepada 
guru lain dalam proses pembelajaran
8. Membuat alat pelajaran/ alat peraga
9. Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni
10.Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
11.Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
12.Mengadakan pengembangan program pembelajaran
13.Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar anak didik
14.Mengisi dan meneliti daftar hadir sebelum memulai pelajaran


See you next time....



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan kata yang bijaksana